8.15.2008

Besok Tanggal 17 an..::!


Banyak anak bertanya di daerahku..Kapan kita tujuh belasan kak? bahkan ada yang bilang tanggal berapa kita tujuh belas kak,? kita kan mau kelapangan..? ini kadnag membuat saya tersenyum , dan saya jawab dengan renyah " ya tanggal tujuh belas" ini memang pertayaan polos dari mereka,, hanya ada yang juga bertanya kadang sengaja mau buat guyonan.saya teringat ketika masih kecil, satu minggu sebelum acara tujuh belasan saya memimpikan siang dan malam pagi 17 an itu. betapa girangnya saya, walau saya gak paham tentang nasionalisme, tentang patriotisme, dan semua isme2 itu. yang penting bisa datang kelapangan bawa uang dua puluh ribu, beli mainan+bakso dan langsung pulang. apa yang saya dapat dilapangan tempat orang apel bendera?.saya ingat betul sampai sekarang,hanya sebuah kegirangan, ceria tanpa tahu maksud dan tidak ada yang menceritakn sesuatu yang berkaitan tentang kemerdekaan disekolah ku sebelum acar tujuh belasan itu,alangkah indahnya dam membuat anak-anak paham sebelum 17 an sekolah membedah tirai 17 an itu sehingga anak-anak tidak datang kelapangan dengan jiwa kosong tentang hari itu, itu tidak hanya ada disekolah didesaku juga itu dianggap sebagai hal rutinitas saja beralih tempat makan dari rumah kelapanagn.!!(karena biasa orang desa bawa makanan kelapanagan)tidak ada dalam kepala (mainset) bahwa hari itu, hari yang sakral bagi Indonesia.!lalu bagaiman caranya kita membuat hal formalitas seperti apel Bendera dan masyarakat bisa menghujami dan memberikan pencerahan pelaksaan itu..?

Besok kita 17 an Bukan?..ini hal biasa dah kita lakukan setiap tahun, tetapi kita masih tiddak jauh beda untuk terus bisa merdeka dari beban, hutang yang menjera,,yang paling penting pencerdasan ke rakyat. agar tidak memahami 17 an hanya rutinitas semata..perlu semacam kurikulum agar rakyat juga paham tentang peringatan yang kita selalu peringati setiap tahun.berikan pencerahan itu kepada rakyat.!

2 komentar:

Kristina Dian Safitry mengatakan...

mulai besok awal aku berjuang melawan perasaan,he,,he,,

Admin mengatakan...

Cerita diatas di daerah mana? Jambi bkn? Saya jg org jambi niyh,, tp skrg d bdg..Salam kenal..