8.05.2008

MERDEKA ITU BEBAN:....""atau Kebebasan ?


..”Merdeka itu adalah beban. Selangit beban diatas pundakmu sendiri. Merdeka itu adalah penderitaan, merdeka adalah sejuta penderitaan yang tak ada putus-putusnya. Merdeka berarti kamu berjalan sendirian, kamu tidak punya tuan dan majikan yang akan menolongmu kalau kamu celaka. Merdeka itu berarti kamu harus meghadapi keperihan, kesengsaraan, nasib buruk itu senddiri. Merdeka itu sakit yang maha besar. Tapi kamu harus bangga karena kamu yang terpilih untuk memikulnya. Berarti kamu dianggap mampu, kamu masih dipercaya. Kalau kamu masih dipercaya berarti kamu masih diperhitungkan. Kalau kamu masih diberikan kesengsaraan, berarti kamu masih hidup. Kamu belum menjadi mayat, belum menjadi robot, belum mati seperti yang lainberarti kamu masih merdeka. Goblok kalau kamu mau berhenti merdeka. Mengerti?” (Cuplikan cerpen Merdeka karya Putu Wijaya)
Sebagai bahan renungan.pada potret kemerdekaan kita hari ini.merdeka itu buka kebebasan mutlak, untuk berbuat sesuka hati, merdeka itu kebebsan untuk berekpresi yang mempunyai batas, kebebasan dari tirani yang terkungkung dikepala kita, merasa bebas dari yang mengangkang di ubun-ubun kita, merasa tidak ada intrik,dan lain sebagainya.. diposisi yang mana kita berada hari ini..? jawab.....!

coba penjamkan mata mu sejenak bagaimana patriotisme hari ini. dibandingkan dengan masa kecil kita...?


5 komentar:

L.A Yaqin mengatakan...

beban...dan kekabasan...........yaaaalll emang itu

Nandien mengatakan...

beban atau kebebasan? tergantung bagaimana kita mau melihat dan menyikapinya. selalu ada banyak perbedaan cara pandang terhadap satu hal, demikian pula pengartiannya. yang lebih penting adalah bukan hanya bagaimana kita mengartikan dan memandang mengenai suatu hal, tetapi bagaimana kita menyikapi hal tersebut. tanggung jawab pasti ada untuk suatu kemerdekaan, maukan kita melaksanakan tanggung jawab tersebut?

MERDEKA!! :)

free-gratis mengatakan...

wah...dalem banget....
merdeka itu bebas dari perasaan diinjak2 orang lain. bebas dari beban yg menbuatnya menderita. merdeka itu bukan beban, justru bebas dari beban. bebas berekspresi, bebas berbicara, bebas belajar, dll selama "bebas" itu tidak menjadi "beban" lagi kepada orang lain.

enhal_84 mengatakan...

masih belum merdeka bos...buat sekolahnya aja masih bayar and buat cari makannnya aja masih banyak yg gadaikan dirinya...

fikri al-haqqi mengatakan...

yang merdeka itu siapa?
cengok aja belum masuk listrik sejak tahun 1945...!!!