8.25.2008

Puasa Tinggal Menghitung Hari,, Mana Tingkatan Kita?


Puasa mempuyai Pangrank juga untuk orang yang melaksanakanya, sekarang mari kita fikirkan kira-kira mana ya tingkatan kita.
1. Shaumul ‘Awwam
Ibadah puasa pada tingkatan ini adalah mungkin bisa daan ikatakan sebagai tingkatan yang paling rendah, karena orang yang berpuasa pada tingkatan ini hanyalah puasa yang sekedar menjaga makan dan minum serta tidak melakukan berhubungan sex dengan isteri.
2. Shaumul Khawash
Ibadah puasa pada tingkatan yang kedua ini adalah sebuah tingkatan ibadah puasa yang mungkin bisa dikatakan tingkatan yang lebih tinggi dari yang pertama tadi. Ibadah puasa pada tingkatan kedua ini mereka tidak hanya menahan diri dari makan dan minum serta hubungan sex tetapi juga menjaga anggota badannya dari berbuat maksiat. Seperti, menjaga matanya dari melihat yang dilarang agama, menjaga mulutnya dari ghibah (membicarakan kejelekan orang lain), berbohong, mengadu domba, bersumpah palsu. Kemudian menjaga kedua tangannya dari perbuatan yang kotor serta menjaga kedua kakinya berjalan ketempat-tempat maksiat, bahkan menjaga hatinya dari lupa kepada Allah SWT. Ibadah puasa pada tingkatan ini biasanya dilakukan oleh paraorang-orang yang sholih.
3. Shaumul Khawaash al-Khawash
Ibadah puasa pada tingkatan yang ketiga ini adalah sebuah tingkatan puasa yang mungkin bisa dikatakan sebagai tingkatan ibadah puasa yang paling tinggi dari yang kedua di atas. Karena, ibadah puasa pada tingkatan ini bukan hanya sekedar menahan makan dan minum serta tidak melakukan berhubungan sex dengan isteri atau sekedar menjaga anggota badannya dari berbuat maksiat lebih dari itu mereka mampu menjaga hatinya dari lupa kepada Allah, keinginan yang bersifat duniawiayah atau berfikir tentang keduniaan. Ibadah puasa pada tingkatan kali ini biasa dilakukan oleh para nabi.





12 komentar:

Cipto Adhi Setiawan mengatakan...

Pertamaxxxxx
brarti abis baca gretong komen donk... he..he..
www.masenchipz.com

ipanks mengatakan...

yahhh kalah cepet deh m si bos cipto

Hellen mengatakan...

Ya... puasa tinggal beberapa hari... sudah siapkah lahir dan batin?

Afif Amrullah mengatakan...

Ara' tool kadu ngecek PR puase nde'?
hahahaha.. nice post!

Sinyo mengatakan...

puasa tingkatkan amal... abis itu, back to basic lagi (hehehe..). Salam dari sahabat2 PMII Komfeis

Ryan mengatakan...

hmm,kalo gak masuk yg 1 ya yg ke 2 :D

Kristina Dian Safitry mengatakan...

he..he...aku jadi ingat dengan page rankku yang menurun. tapi dalam berpuasa mudah mudahan page ranku tetap stabil,bahkan kalo bisa seh harus bisa naik.

Iksan mengatakan...

puasa puasa sebulan penuh puasa

whyu mengatakan...

waduh...
aku orangnya labil.. masuk yang bagian mana nih..??

Elsa mengatakan...

hik hik hik....
aku masih tingkat awam nih.....

artofreed mengatakan...

Tinggal hitungan hari ya... siap gak siap kan harus siap, namanya kewajiban bagi semua muslim. Lagipula kapan kita siap untuk suatu hal... mohon maaf lahir bathin ya buat semua sebelum berpuasa nih.

koekoeh mengatakan...

Amien... Amien... Amien...

Semoga puasa tahun ini, kita semua menjadi lebih baik